Langsung ke konten utama

Admin

Assalamualaikum Wr. Wb.

Blog ini saya dedikasikan bagi seluruh civitas Akademika Unihaz bagi Dosen dan mahasiswa Bimbingan Konseling UNIHAZ Bengkulu terutama Konselor di Seluruh Indonesia.  Dengan tidak bermaksud  mengikuti salah satu aliran yang sedang dikembangkan oleh para pakar Konseling di Indonesia,  maka nantinya akan diambil dari berbagai sumber yang dapat membantu mengembangkan potensi Bimbingan Konseling di Sekolah, asumsi penulis Konselor sekolah di Indonesia masih bingung melaksanakan mana yang terbaik yang harus dilaksanakan di Sekolah, oleh karena itu silahkan berikan komentar dan kami menerima sumbangan artikel yang berkaitan dengan Bimbingan konseling dan dunia Pendidikan.

Materi yang ada di Blog ini adalah hal-hal bersifat aplikasi praktis pelaksanaa layanan Bimbingan Konseling di Sekolah, dengan sedikit menghindari materi yang bersifat teoritik yang cenderung bikin MUMET Guru Pembimbing. Perlu diketahui dalam blog ini nantinya akan tersimpan berbagai file yang tersebar dan tersembunyi dalam berbagai post (tulisan). Untuk mempermudah mengaksesnya, file -file tersebut saya himpun dalam halaman ini.

File-fle tersebut dalam bentuk doc, pdf, dan ppt, yang tentunya hanya bisa diketahui isinya setelah Anda men-download-nya terlebih dahulu. Sebagian hasil karya cipta sendiri dan sebagian lagi hasil karya pihak lain, yang menurut hemat saya sangat layak untuk diketahui oleh orang banyak.

Dengan tetap menaruh rasa hormat saya atas hak kekayaan intelektual dari para pembuatnya, saya mohon ijin untuk mempublikasikannya dalam forum ini. Namun apabila ada yang merasa berkeberatan, maka dengan senang hati saya siap menghapus file-file tersebut dari situs ini. Tidak ada maksud lain, semata-mata demi kepentingan kemajuan pendidikan kita.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Wahid Suharmawan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling

Ditulis Oleh ; Wahid Suharmawan
A.Pendahuluan 1.PTK merupakan salah satu jenis PPKP., yaitu penelitian yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Satuan Pendidikan dalam rangka upaya meningkatkan mutu lulusan/luaran.
2.PPKP terdiri atas Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian  Eksperimen Kuasi, dan Penelitian Pengembangan.
3.Bidang Kajian P.P.K.P.: a. Bidang Pembelajaran----untuk Guru/Dosen: 1)Pelaksanan pembelajaran, a.l. pengelolaan kelas, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, pengajaran remedial, PAIKEM. 2)Penggunaan Bahan Ajar dan Alat Bantu Pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar, misalnya modul, penggunaan petunjuk mempelajari buku paket, computer assisted learning, penggunaan media pembelajaran, penggunaan alat peraga, dll. 3)  Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran, misalnya perpustakaan---baik cetak maupun elektronik, internet, dan sumber lain, misalnya nara sumber,dosen tamu, lingkungan. 4) Pelaksanaan…

SEKILAS SEJARAH PERKEMBANGAN BK AMERIKA SERIKAT

1.   Perkembangan Bimbingan dan Konseling Di Amerika Serikat Bimbingan dan Konseling sebagai profesi pertama kali lahir di Amerika pada awal abad XX, yaitu ketika Frank Person membuka klinik di Boston untuk memberi pengarahan kepada para pemuda memperoleh pekerjaan yang sesuai. Pada tahun 1950 an bidang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, bukan hanya dalam bidang pekerjaan tetapi merambah pada bidang-bidang pendidikan. Pada abad ke 20 bimbingan konselor belum ada di sekolah-sekolah, pada saat itu pekerjaan konselor masih ditangani oleh para guru di sekolah, yang mana dalam pekerjaan tersebut itu seorang guru memberikan layanan informasi, layanan bimbingan pribadi, social, karir dan akademik.
Gerakan bimbingan konseling di sekolah ini berkembang sebagai dampak dari revolusi industry, dan keragaman latar belakang para siswa yang masuk ke sekolah-sekolah negeri. Pada tahun 1898 Jasse B. Davis seorang konselor sekolah di Detroit memulai memberikan layanan konseling pendidikan dan …

KUMPULAN MATERI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE SIMULASI

Ditulis Oleh; Wahid Suharmawan  sumber nellychandrawati
Definisi Remaja a. Remaja adalah suatu periode dalam perkembangan yang dijalani seseorang yang terbentang sejak berakhirnya masa kanak-kanak sampai datangnya masa dewasa dan berlangsung sekitar usia 11-13 tahun sampai 18-20 tahun. (Harold Alberty 1957 : 86).
b. Remaja adalah suatu masa mencari hidup seksual yang mempunyai bentuk yang definitif karena perpaduan hidup seksual yang banyak bentuknya dan sifat kekanak-kanakan (Freud).
c. Masa remaja adalah masa kebutuhan isi mengisi. Individu menjadi gelisah dalam kesunyiannya, lekas marah dan bernafsu, dan dengan ini tercipta syarat-syarat untuk kontak dengan individu lain (Charlotte Buhler).
d. Masa remaja adalah suatu masa pertumbuhan dengan perubahan terstruktur kejiwaan yang fundamental ialah kesadaran akan aku, berangsur-angsur menjadi jelasnya tujuan hidup, pertumbuhan kearah dan ke dalam berbagai lapangan hidup (Spranger).