Langsung ke konten utama

Asesmen BK Non Tes

Software BK

Perancangan program bimbingan dan konseling, penyusunan program bimbingan dan konseling selalu diawali dengan analisis kebutuhan peserta didik. Untuk mengetahui kebutuhan peserta didik ( need assesment ) tersebut, biasanya dilakukan dengan menggunakan suatu instrumen baik tes maupun non tes. Instrumen yang telah dikembangkan di lapangan antara lain :
  • Inventori Tugas Perkembangan (ITP), 
  • Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa ( IKMS),
  • Alat Ungkap Masalah (AUM), 
  • Daftar Cek Masalah (DCM), atau 
  • Angket Kebutuhan Materi Pelayanan Bimbingan dan Konseling. 
Hasil need assessment tersebut sebagai dasar penyusunan program pelayanan bimbingan dan konseling. Beberapa software yang saya share di bawah ini adalah hasil karya dari pemerhati bimbingan dan konseling, antara lain:
  1. Bapak Drs.Wahid Suharmawan, M.Pd, 
  2. Bapak Andori, S.Pd, Kons bersama tim, 
  3. Bapak Drs, Mastur, Kons bersama tim. 
Kepada para bapak di atas saya mohon ijin untuk menshare hasil karya bapak secara gratis, mudah-mudahan setiap orang yang mendownload software ini menjadikan tabungan amal yang nantinya dapat di ambil diakherat, amiin…  Sumber; Mintotulus.wordpress.com

Karya Drs.Wahid Suharmawan, M.Pd

Karya Tim Pengembang BK UPI Banding
     ATP=ITP dan Manual ATP Versi 3.5 


Karya Bapak Andori, S.Pd, Kons bersama tim

Komentar

  1. masih banyak yg hrs sy ketahui... terima ksh bila bisa di download

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas share ilmunya ya pak. Terima kasih jika dikirim ke email saya.
    Salam sukses selalu

    BalasHapus
  3. selamat sore...
    saya sedang mempelajari tentang ITP dan saya kesulitan memperoleh angket/kuesioner ITP untuk semua tingkatan. Apakah saya bisa dibantu? email saya ners.yurman@yahoo.com. terimakasih

    BalasHapus
  4. selamat siang pak...
    saya alumni dari Unihaz, saya mengalami kesulitan dalam menggunakan software penulusuran minat karir Holland, tepatnya pada bagian laporan kelompok dan laporan individu, selalu muncul peringatan salah isi, mungkin bpak berkenan memberikan solusinya, sbelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  5. ass pak. saya fitri. alumni unihaz yang sekarang melanjutkan s2 di unp..trmakash banyak atas share ilmu nya. sangat membantu untuk penyelesaian tugas-tugas saya. waktu ada semnar di unp beberapa minggu yang lalu, saya sangat berharap bisa bertemu bapak. tapi ternyata bapak sudah pulang.jadi cuma berjumpa dengan ibu widiya.hehehe..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling

Ditulis Oleh ; Wahid Suharmawan
A.Pendahuluan 1.PTK merupakan salah satu jenis PPKP., yaitu penelitian yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Satuan Pendidikan dalam rangka upaya meningkatkan mutu lulusan/luaran.
2.PPKP terdiri atas Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian  Eksperimen Kuasi, dan Penelitian Pengembangan.
3.Bidang Kajian P.P.K.P.: a. Bidang Pembelajaran----untuk Guru/Dosen: 1)Pelaksanan pembelajaran, a.l. pengelolaan kelas, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, pengajaran remedial, PAIKEM. 2)Penggunaan Bahan Ajar dan Alat Bantu Pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar, misalnya modul, penggunaan petunjuk mempelajari buku paket, computer assisted learning, penggunaan media pembelajaran, penggunaan alat peraga, dll. 3)  Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran, misalnya perpustakaan---baik cetak maupun elektronik, internet, dan sumber lain, misalnya nara sumber,dosen tamu, lingkungan. 4) Pelaksanaan…

SEKILAS SEJARAH PERKEMBANGAN BK AMERIKA SERIKAT

1.   Perkembangan Bimbingan dan Konseling Di Amerika Serikat Bimbingan dan Konseling sebagai profesi pertama kali lahir di Amerika pada awal abad XX, yaitu ketika Frank Person membuka klinik di Boston untuk memberi pengarahan kepada para pemuda memperoleh pekerjaan yang sesuai. Pada tahun 1950 an bidang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, bukan hanya dalam bidang pekerjaan tetapi merambah pada bidang-bidang pendidikan. Pada abad ke 20 bimbingan konselor belum ada di sekolah-sekolah, pada saat itu pekerjaan konselor masih ditangani oleh para guru di sekolah, yang mana dalam pekerjaan tersebut itu seorang guru memberikan layanan informasi, layanan bimbingan pribadi, social, karir dan akademik.
Gerakan bimbingan konseling di sekolah ini berkembang sebagai dampak dari revolusi industry, dan keragaman latar belakang para siswa yang masuk ke sekolah-sekolah negeri. Pada tahun 1898 Jasse B. Davis seorang konselor sekolah di Detroit memulai memberikan layanan konseling pendidikan dan …

KUMPULAN MATERI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE SIMULASI

Ditulis Oleh; Wahid Suharmawan  sumber nellychandrawati
Definisi Remaja a. Remaja adalah suatu periode dalam perkembangan yang dijalani seseorang yang terbentang sejak berakhirnya masa kanak-kanak sampai datangnya masa dewasa dan berlangsung sekitar usia 11-13 tahun sampai 18-20 tahun. (Harold Alberty 1957 : 86).
b. Remaja adalah suatu masa mencari hidup seksual yang mempunyai bentuk yang definitif karena perpaduan hidup seksual yang banyak bentuknya dan sifat kekanak-kanakan (Freud).
c. Masa remaja adalah masa kebutuhan isi mengisi. Individu menjadi gelisah dalam kesunyiannya, lekas marah dan bernafsu, dan dengan ini tercipta syarat-syarat untuk kontak dengan individu lain (Charlotte Buhler).
d. Masa remaja adalah suatu masa pertumbuhan dengan perubahan terstruktur kejiwaan yang fundamental ialah kesadaran akan aku, berangsur-angsur menjadi jelasnya tujuan hidup, pertumbuhan kearah dan ke dalam berbagai lapangan hidup (Spranger).