like FB

Asesmen BK Non Tes

Software BK

Perancangan program bimbingan dan konseling, penyusunan program bimbingan dan konseling selalu diawali dengan analisis kebutuhan peserta didik. Untuk mengetahui kebutuhan peserta didik ( need assesment ) tersebut, biasanya dilakukan dengan menggunakan suatu instrumen baik tes maupun non tes. Instrumen yang telah dikembangkan di lapangan antara lain :
  • Inventori Tugas Perkembangan (ITP), 
  • Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa ( IKMS),
  • Alat Ungkap Masalah (AUM), 
  • Daftar Cek Masalah (DCM), atau 
  • Angket Kebutuhan Materi Pelayanan Bimbingan dan Konseling. 
Hasil need assessment tersebut sebagai dasar penyusunan program pelayanan bimbingan dan konseling. Beberapa software yang saya share di bawah ini adalah hasil karya dari pemerhati bimbingan dan konseling, antara lain:
  1. Bapak Drs.Wahid Suharmawan, M.Pd, 
  2. Bapak Andori, S.Pd, Kons bersama tim, 
  3. Bapak Drs, Mastur, Kons bersama tim. 
Kepada para bapak di atas saya mohon ijin untuk menshare hasil karya bapak secara gratis, mudah-mudahan setiap orang yang mendownload software ini menjadikan tabungan amal yang nantinya dapat di ambil diakherat, amiin…  Sumber; Mintotulus.wordpress.com

Karya Drs.Wahid Suharmawan, M.Pd

Karya Tim Pengembang BK UPI Banding
     ATP=ITP dan Manual ATP Versi 3.5 


Karya Bapak Andori, S.Pd, Kons bersama tim

6 komentar:

  1. masih banyak yg hrs sy ketahui... terima ksh bila bisa di download

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas share ilmunya ya pak. Terima kasih jika dikirim ke email saya.
    Salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke Bu Nelly....Salam dari Bengkulu

      Hapus
  3. selamat sore...
    saya sedang mempelajari tentang ITP dan saya kesulitan memperoleh angket/kuesioner ITP untuk semua tingkatan. Apakah saya bisa dibantu? email saya ners.yurman@yahoo.com. terimakasih

    BalasHapus
  4. selamat siang pak...
    saya alumni dari Unihaz, saya mengalami kesulitan dalam menggunakan software penulusuran minat karir Holland, tepatnya pada bagian laporan kelompok dan laporan individu, selalu muncul peringatan salah isi, mungkin bpak berkenan memberikan solusinya, sbelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  5. ass pak. saya fitri. alumni unihaz yang sekarang melanjutkan s2 di unp..trmakash banyak atas share ilmu nya. sangat membantu untuk penyelesaian tugas-tugas saya. waktu ada semnar di unp beberapa minggu yang lalu, saya sangat berharap bisa bertemu bapak. tapi ternyata bapak sudah pulang.jadi cuma berjumpa dengan ibu widiya.hehehe..

    BalasHapus