Senin, 19 Oktober 2020

Inventori Tugas Perkembangan

Salah satu instrument yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan peserta didik adalah ITP (Inventori Tugas Perkembangan). Dengan alat ITP, pembimbing dapat memahami tingkat perkembangan individu maupun kelompok, mengidentifikasi masalah yang menghambat perkembangan dan membantu peserta didik yang bermasalah dalam menyelesaikan tugas perkembangannya.

Namun, untuk jumlah siswa yang besar, cara ini memakan waktu, menimbulkan banyak kesalahan dan sangat membosankan.Untuk itu, seorang guru pembimbing dapat menggunakan program khusus ATP (Analisis Tugas Perkembangan) untuk dapat melakukan penyekoran, penghitungan skor konsistensi, dan analisis hasil penyekoran secara lebih efisien dan efektif.

Program khusus Analisis Tugas Perkembangan (ATP) adalah perangkat lunak yang khusus dibuat untuk membantu anda mengolah ITP. Dengan ATP, identifikasi masalah siswa dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan menyenangkan.

Kata kunci : Analisis Tugas Perkembangan, membantu mengolah ITP

1. Pendahuluan

a. Latar belakang

Manusia sepanjang hidupnya selalu mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut berlangsung dalam beberapa tahap saling berkaitan. Gangguan pada salah satu tahap dapat mengakibatkan terhambatnya perkembangan secara keseluruhan.

Untuk mengidentifikasi masalah perkembangan diperlukan pengukuran kuantitatif tentang tingkat perkembangan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Salah satu instrument yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan peserta didik adalah ITP (Inventori Tugas Perkembangan). Dengan alat ITP, pembimbing dapat memahami tingkat perkembangan individu maupun kelompok, mengidentifikasi masalah yang menghambat perkembangan dan membantu peserta didik yang bermasalah dalam menyelesaikan tugas perkembangannya.

ITP berbentuk angket yang terdiri atas kumpulan pernyataan yang harus dipilih oleh siswa. Setiap soal terdiri dari empat butir pertanyaan yang mengukur satu sub aspek.

Tingkat perkembangan aspek dapat dilihat dari skor yang diperoleh dari aspek. Besar skor yang diperoleh menunjukkan tingkat perkembangan siswa.

Proses penyekoran, penghitungan skor konsistensi, dan analisis hasil penyekoran dapat dilakukan secara manual. Namun, untuk jumlah siswa yang besar, cara ini memakan waktu, menimbulkan banyak kesalahan dan sangat membosankan.

Untuk itu, seorang guru pembimbing dapat menggunakan program khusus ATP (Analisis Tugas Perkembangan) untuk dapat melakukan penyekoran, penghitungan skor konsistensi, dan analisis hasil penyekoran secara lebih efisien dan efektif.

b. Tujuan

Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah TI dan Penggunaan Media BK di Universitas Muhammadiyah Magelang dan untuk mengetahui program khusus ATP (Analisis Tugas Perkembangan).

c. Identifikasi masalah

1) Apa pengertian dari ATP (Analisis Tugas Perkembangan)?

2) Bagaimanakan kemampuan ATP?

3) Bagaimanakah cara penggunaan ATP?

2. Teori-teori

Program khusus Analisis Tugas Perkembangan (ATP) adalah perangkat lunak yang khusus dibuat untuk membantu anda mengolah ITP. Dengan ATP, identifikasi masalah sisiwa dpat dilakukan dengan mudah, cepat dan menyenangkan.

Untuk mengukur tingkat perkembangan siswa atau pencapaiaan tugas-tugas perkembangan dari setiap aspek perkembangan, teori perkembangan diri dari Loevinger (Lee Knefelkamp et.al. 1978, dan Blocher, 1987) dipilih sebagai kerangka kerja teoritik dalam mengembangkan inventori tugas-tugas perkembangan ini.

Loevinger merumuskan bangun perkembangan diri ke dalam sembilan tingkat. Tingkat pertama yaitu ‘pra-sosial’ merupakan tingkatan dimana individu belum mampu membedakan diri dengan lingkungan. Tingkatan terakhir, yaitu tingkat integrated, merupakan tingkat yang jarang di capai oleh ornag benyak. Oleh karena itu, bangun tingkatan perkembangan dalam ITP dan ATP ini terdiri dari tujuh tingkatan, yaitu:

  1. Tingkat Implusif (Imp)
  2. Tingkat Perlindunagn Diri (Pld)
  3. Tingkat Konformistik (Kof)
  4. Tingkat Sadar Diri (Sdi)
  5. Tahap Saksama (Ska)
  6. Tingkat Individualistik (Ind)
  7. Tahap Otonomi (Oto)

3. Cara Pengajuan dan Pengutipan

4. Pembahasan

a. Pengertian

Program khusus Analisis Tugas Perkembangan (ATP) adalah perangkat lunak yang khusus dibuat untuk membantu anda mengolah ITP. Dengan ATP, identifikasi masalah siswa dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan menyenangkan.

b. Kemampuan ATP

ATP menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan anda dalam melakukan analisis terhadap perkembangan peserta didik. Kemampuan-kemampuan tersebut antara lain:

1) Pengolahan data mentah secara cepat.

2) Analisis kelompok, yang terdiri atas : profil kelompok, grafik distribusi frekuensi untuk setiap aspek, grafik distribusi konsistensi, delapan butir btertinggi dan terendah.

3) Analisis perindividu, yang terdiri atas : profil individual,distribusi frekuensi nilai, delapan butir tertinggi dan terendah untuk individu tersebut.

4) Visualisasi hasil pengolahan skor dalam bentuk grafik akan memudahkan dan mempercepat anda dalam analisis.

5) Manajemen data, terdiri atas pengelompokan siswa berdasarkan kriteria tertentu, dan penggabungan kelompok.

6) Expor hasil pengolahan data ke Microsoft Excel.

7) Impor data dari file Microsoft Excel.

8) Multi window, beberapa window bisa dibuka sekaligus untuk mebandingkan hasil pengolahan.

c. Cara penggunaan ATP

1) Instalasi ATP

Instalasi adalah proses memasukkan perangkat lunak ATP ke komputer anda.

2) Memulai ATP

Jika instalasi ATP sudah berhasil maka akan muncul icon ATP PT, atau ATP SLTP, atau ATP SLTA, atau ATP SD. Untuk memulai penggunaan maka klik 2x program ATP yang dikehendaki, maka tidak akan lama program tersebut akan muncul.

3) Memasukkan data dan menyimpan data

Sebelum melakukan analisis, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan data yaitu dengan cara, setelah program ATP yang dipilih dibuka maka isikan jawaban pada tabel yang disediakan.

4) Membuka data

Untuk membuka data dari dalam file, pilih tombol open pada toolbar kemudian pilih file yang diinginkan.

5) Analisis data

Sebelum dapat melakukan analisis data, lakukan penyekoran jawaban peserta dengan menekan tombol eksekusi penghitungan skor peserta. Setelah itu :

a) Analisis kelompok

b) Analisis individu

5. Penutup

Program khusus Analisis Tugas Perkembangan (ATP) adalah perangkat lunak yang khusus dibuat untuk membantu anda mengolah ITP. Dengan ATP, identifikasi masalah siswa dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan menyenangkan.


Daftar Pustaka:

Kartadinata, Sunaryo dkk. 2000. Petunjuk Penggunaan Program Khusus Analisis Tugas Perkembangan Versi 3.5. Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

Tim Peneliti dan Riset Unggulan Terpadu . 2000. Petunjuk Tekhnis Penggunaan Inventori Tugas Perkembangan (SLTP). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Best Merkur Futur Adjustable Chrome Safety Razor
Best Merkur worrione Futur Adjustable Chrome Safety 메리트 카지노 주소 Razor, Adjustable Chrome (DE) · The best safety 바카라 사이트 razors at the best prices at Amazon.com. · Merkur Futur Adjustable Safety Razor