like FB

Minggu, 08 Mei 2016

Grafologi (Graphology)


Ditulis Oleh; Wahid Suharmawan

Membaca kepribadian seseorang dari tulisan tangan dikenal dengan nama Grafologi. Grafologi sendiri memang adalah seni membaca tulisan tangan namun tidak hanya untuk menilai kepribadian, melainkan banyak hal lainnya terkait karakter, kepribadian, kemampuan, dan masih banyak hal lainnya.
Pada saat seseorang menulis, ia secara tidak sadar mengindikasikan banyak hal mengenai dirinya bahkan dikatakan dari sebuah tulisan tangan dapat diketahui sekitar 5.000 kepribadian yang berbeda. Bahkan dalam bidang medis, penulisan itu juga dapat membantu diagnosa dan mengetahui berbagai penyakit serta pola hidup.


Spasi pinggiran bidang dan tulisan


Spasi antara pinggiran kiri kertas

Biasanya orang yang saat menulis memberikan spasi agak jauh antara pinggiran kertas dan tulisannya, adalah seseorang yang suka melihat ke arah masa lalu dan sulit melepaskan suatu hal.




Tidak menentu

Apabila si subjek tidak memiliki spasi antara pinggiran kertas atau spasi pinggiran kertas tidak menentu, maka itu menandakan bahwa subjek adalah orang yang tidak dapat diam dan relaks. Pikirannya penuh akan banyak hal.

Spasi antara pinggiran kanan kertas

Seseorang yang saat menulis memberikan spasi agak jauh di pinggiran kanan kertas menandakan bahwa ia adalah orang yang takut akan sesuatu yang tidak pasti dan selalu khawatir akan apa yang terjadi ke depannya.


Tekanan tulisan


Penekanan kuat

Seseorang yang saat menulis terlihat selalu menulis segala sesuatu dengan tekanan yang kuat menandakan bahwa orang terkait adalah seseorang yang memiliki komitmen tinggi dan selalu serius akan segala sesuatu. Namun apabila tekanan tersebut terlihat terlalu kuat, maka itu malah menandakan orang terkait adalah seseorang yang tidak bisa relaks dan sensitif.


Penekanan ringan

Tulisan tangan yang tidak memiliki tekanan kuat alias hanya menggunakan sedikit tekanan saat menulis (tipis) mendeskripsikan orang yang sensitif dan suka berempati namun juga tidak suka menghabiskan tenaga dalam hidupnya.


Kecepatan Penulisan

Cepat
Jika seseorang suka menulis dengan cepat maka itu menandakan dirinya adalah orang yang tidak sabaran dan tidak suka menghabiskan waktu.

Lambat
Orang yang saat menulis terlihat lambat adalah orang yang terorganisir, selalu menaati prosedur, dan mengandalkan dirinya sendiri.


Titik di Huruf i

Jauh di atas i
Apabila seseorang menitikkan i jauh di atasnya maka itu dapat menandakan bahwa ia memiliki imajinasi yang baik bahkan sangat kuat.

Tepat di atas i
Orang terkait adalah seseorang yang berorientasi detail, terorganisasi, dan sangatlah suka berempati akan segala hal yang ia katakan.

Di kiri i
Menandakan bahwa si subjek adalah orang yang suka menunda-nunda.

Menggunakan garis
Terkadang saat seseorang menitikkan huruf i-nya, ia malah menggambar garis di atas huruf i bukan titik. Itu menandakan orang terkait adalah seseorang yang kritis, tidak sabar akan kekurangan, atau juga tidak belajar dari kesalahannya.

Menggunakan lingkaran
Titik di atas i memang sangat mudah dibuat hanya dengan menitikkan pena atau alat tulis Anda saja, tapi beberapa orang memilih untuk menggambar lingkaran di atas huruf i. Itu menggambarkan seseorang yang visionary namun juga kekanak-kanakkan.

Bentuk Huruf


Bulat
Apabila tulisan tangan seseorang terlihat bulat maka itu dapat menandakan bahwa orang tersebut adalah seseorang yang kreatif dan artistik.

Runcing
Seseorang yang penulisan hurufnya terlihat lancip menandakan ia memiliki karakter yang agresif, bersemangat, pintar, dan juga berani.

Huruf Sambung
Dalam grafologi, memang disarankan seseorang untuk menulis dengan tulisan sambung namun apabila pada dasarnya ia memang suka melakukan tulisan sambung maka itu menandakan ia adalah seseorang yang logis, sistematis, dan berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Menggariskan huruf t
Benar-benar di atas huruf T
Menggambarkan seseorang yang ambisius, optimis, dan mempunyai harga diri yang tinggi akan dirinya sendiri.

Tepat di tengah huruf t
Seseorang dengan penulisan huruf t seperti ini adalah seseorang yang percaya diri dan selalu nyaman akan dirinya sendiri tanpa perlu berangan-angan membayangkan dirinya sebagai orang lain.
Garis yang panjang
Apabila penulisan garis huruf t terlihat cukup panjang, maka itu menggambarkan seseorang yang memiliki tekad kuat dan entusias. Namun juga orang terkait adalah seseorang yang keras kepala dan susah melepaskan suatu hal.

Garis yang pendek
Jika garis di huruf t terlihat sangat pendek maka orang terkait adalah seseorang yang malas dan tidak memiliki tekad kuat.

Huruf o
O yang terbuka
Huruf o yang tidak tertutup sepenuhnya menandakan bahwa si subjek adalah seseorang yang suka bersosialisasi dan dapat mengekspresikan perasaannya dengan baik. Biasanya orang dengan tulisan tangan seperti ini adalah orang yang ekstrovert.

O yang tertutup
Menggambarkan seseorang yang sangat menjaga privasinya, tertutup, tidak suka mengekspresikan perasaannya, dan introvert.


Tanda Tangan

Tidak jelas

Tanda tangan yang tidak jelas bentuk ataupun arti dari tanda tangan tersebut menandakan seseorang yang sangat tertutup. Orang lain tidak akan dapat dengan mudah mengerti apa yang Anda pikirkan.


Sangat jelas

Di sisi lain, seseorang yang tanda tangannya jelas menandakan dirinya adalah seseorang yang percaya diri, nyaman akan dirinya sendiri, dan tidak perlu berpura-pura menjadi orang yang bukan dirinya sendiri.

Untuk membaca kepribadian dan karakter seseorang dengan lebih efektif, subjek disarankan menulis menggunakan tulisan sambung walaupun jika ia biasanya menggunakan tulisan cetak. Berikut cara membaca kepribadian seseorang dari tulisan tangan.

CARA KERJA
Pada saat menganalisis kepribadian seseorang berdasarkan tulisan tangannya, pertama Anda harus melihat gaya penulisan secara umum, serupa dengan gambar. Setelah itu, kategorikan berdasarkan karakter-karakter yang terlihat.
Sama halnya dengan karakter manusia yang unik untuk setiap orangnya, penulisan juga tentu memiliki keunikannya tersendiri. Tahap berikutnya adalah menentukan tingkat emosional yang ada di tulisan tersebut. Sebagai contoh pada saat seseorang menulis kata “hitam”, seberapa besar-kah tekanan yang diberikan ke penulisan tersebut dan sebagainya.
Penulis yang penulisannya menggunakan tenaga atau penekanan lebih biasanya memiliki vitalitas dan pengalaman emosional yang bertahan lama. Sedangkan yang penekanannya biasa saja, memiliki vitalitas dan pengalaman emosional yang standar (cukup untuk 1 hari). Jika penekannya lemah, maka orang tersebut akan menggunakan energi mereka seminimal mungkin dan berusaha menghindari situasi yang membutuhkan tenaga.

TINGKAT KEMIRINGAN
Lihat tingkat kemiringan dari penulisan huruf, tingkat kemiringan ini merupakan cermin emosional mereka.
MIRING KE KANAN
Ini menandakan bahwa orang tersebut menangani sebuah situasi dengan pengaruh emosi. Mereka juga terbuka dan suka bersosialisasi dengan orang-orang sekitarnya karena

MIRING KE KIRI
Orang dengan gaya penulisan yang miring ke kiri suka menjaga emosi mereka pada semua situasi, dan mereka sering dilihat sebagai orang yang dingin dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Tetapi jika orang dengan gaya penulisan ini menulis dengan tangan kanan, maka  itu berarti orang tersebut memiliki sifat suka memberontak.

TIDAK MIRING
Jika gaya penulisan seseorang sama sekali tidak miring, ini berarti mereka lebih menggunakan logika dibandingkan emosi mereka dalam menangani sebuah situasi. Tetapi mereka tetap mempunyai reaksi emosional yang tinggi terhadap lingkungan sekitar mereka.

SPASI ANTAR KATA
Besarnya spasi yang digunakan antara kata-kata dalam penulisan menunjukkan tingkat kenyamanan pada saat berkomunikasi.
UKURAN SPASI KECIL
Menunjukkan bahwa Anda adalah orang dengan keinginan komunikasi yang tinggi dan tidak takut untuk menunjukkannya secara fisikal.
UKURAN SPASI BESAR
Jika ukuran spasi antara kata cukup besar maka hal itu menandakan bahwa Anda adalah orang yang membutuhkan ruang tersendiri dalam komunikasi dan tidak ingin terlalu dekat dengan orang.

UKURAN TULISAN
Ukuran dari tulisan tangan menentukan bagaimana seseorang melihat diri mereka dari sudut pandang mereka sendiri dan tingkat konsentrasi mereka.
BESAR
Orang tersebut mempunyai kepribadian yang ramah dan memandang diri mereka sendiri sebagai orang dengan kepribadian kuat. Mereka biasanya tidak dapat fokus kepada satu hal terlalu lama dan lebih terlihat melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

KECIL
Memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dan sangat perhatian dengan detail kecil. Tetapi biasanya mereka lebih pemalu dan introvert pada kepribadiannya, dimana mereka memandang diri mereka sendiri sebagai orang dengan kepribadian yang pemalu.

BIASA
Merupakan orang yang gampang beradaptasi dengan situasi apapun karena kepribadiannya yang fleksibel. Tingkat konsentrasi orang ini dapat dikatakan cukup baik, tetapi mereka juga dapat teralihkan dengan mudah.

ARAH TULISAN


Untuk menilai kepribadian seseorang dari tulisan tangan, lebih baik orang tersebut menulis di kertas yang tidak bergaris. Hal ini untuk melihat bagaimana arah tulisan mereka, apakah menaik, menurun atau lurus.
MENAIK/MENURUN
Jika menaik maka menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang positif, entusias dan berkeinginan kuat. Sedangkan jika menurun, menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang pesimis.

BERGELOMBANG
Terkadang, Anda mungkin pernah melihat bahwa gaya penulisan seseorang terkadang menaik terkadang menurun. Hal ini menunjukkan bahwa mood orang tersebut gampang berubah. Tetapi memiliki sedikit gelombang pada awal penulisan sudah biasa, dan menunjukkan emosi yang seimbang.

LURUS
Seseorang yang menulis lurus menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki tingkat kontrol diri yang tinggi, dapat diandalkan dan tingkat emosional yang terjaga.

HURUF KAPITAL
Hubungan dan ukuran huruf kapital dengan huruf tidak kapital sesudahnya menggambarkan tingkat percaya diri yang dimiliki seseorang.
HURUF KAPITAL DENGAN UKURAN YANG BERBEDA JAUH DENGAN HURUF KECIL
Menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang dengan kepercayaan diri yang tinggi, semakin berbeda ukurannya maka semakin tinggi tingkat kepercayaan diri yang dimilikinya. Bahkan dalam beberapa kasus, tingkat kepercayaan diri tersebut dapat dikatakan angkuh.

HURUF KAPITAL YANG BERUKURAN SAMA DENGAN HURUF KECIL
Menunjukkan orang tersebut adalah orang jujur dan rendah hati dengan tingkat kepercayaan diri yang biasa saja, tetapi jika dibandingkan dengan orang lain dapat terlihat lebih ke arah pemalu.

LINGKARAN
Lihat lingkaran yang terdapat pada saat seseorang menulis huruf L dan E, ini menunjukkan bagaimana mereka mengekspresikan diri mereka.
LINGKARAN DI HURUF L KECIL
Orang yang memiliki gaya penulisan ini suka mengekang diri mereka sendiri dalam mengekspresikan diri mereka. Hal ini menandakan bahwa mereka suka melihat dan menilai situasi sebelum mengekspresikan diri mereka.

LINGKARAN DI HURUF L BESAR
Merupakan orang yang spontan dan santai, terlihat mudah dalam mengekspresikan diri mereka sendiri.

LINGKARAN DI HURUF E KECIL
Biasanya orang dengan lingkaran kecil pada huruf e akan lebih curigaan dan tidak dapat dipengaruhi dalam argumen yang terkait atau berdasar pada emosi.

LINGKARAN DI HURUF E BESAR
Hal ini menandakan mereka sangatlah terbuka dan suka menikmati hal-hal baru dalam hidup mereka.

GAYA PENULISAN HURUF S
Bagaimana seseoran menulis huruf s dapat memberikan pengetahuan yang berbeda-beda atas kepribadian seseorang.
TERLIHAT BULAT
Ini menunjukkan orang tersebut suka menghindari konflik, suka berkompromi dan berusaha menyenangi orang-orang di sekitarnya.

TAJAM KE ATAS
Intelektual dan senang mempelajari hal-hal yang baru. Semakin tinggi dan tajam huruf s yang dimiliki, maka semakin menunjukkan seberapa ambisius orang tersebut.

MEMILIKI LINGKARAN YANG TERLIHAT JELAS DI BAWAH
Orang yang huruf S-nya memiliki lingkaran yang terlihat jelas di bawah menunjukkan orang tersebut jarang mengikuti keinginan mereka sendiri, dimana mereka bertindak karena situasi yang dihadapi.

Sekilas mengenai cara membaca kepribadian seseorang dari tulisan tangannya, poin-poin di atas hanyalah sedikit dari ilmu grafologi yang ada. Seperti yang telah sering dikatakan terkait atas menilai kepribadian seseorang, setiap manusia itu unik dan penilaian di atas mungkin hanya dapat dipraktikkan secara general tidak benar-benar menunjukkan karakter orang tersebut secara detail.



0 komentar:

Posting Komentar