Ditulis Oleh ; Wahid Suharmawan
A.
Pendahuluan
1. PTK merupakan salah satu jenis PPKP., yaitu penelitian
yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Satuan
Pendidikan dalam rangka upaya meningkatkan mutu lulusan/luaran.
2. PPKP terdiri atas Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Eksperimen Kuasi, dan Penelitian
Pengembangan.
3. Bidang Kajian P.P.K.P.:
a. Bidang Pembelajaran----untuk
Guru/Dosen:
1) Pelaksanan pembelajaran, a.l. pengelolaan kelas, model
pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran,
pengajaran remedial, PAIKEM.
2) Penggunaan Bahan Ajar dan Alat Bantu Pembelajaran dalam
upaya peningkatan hasil belajar, misalnya modul, penggunaan petunjuk
mempelajari buku paket, computer assisted
learning, penggunaan media pembelajaran, penggunaan alat peraga, dll.
3) Pemanfaatan Sumber Belajar dalam
Pembelajaran, misalnya perpustakaan---baik cetak maupun elektronik, internet,
dan sumber lain, misalnya nara sumber,dosen tamu, lingkungan.
4) Pelaksanaan Evaluasi Proses dan
Hasil Belajar, misalnya evaluasi otentik/kinerja, penilaian portofolio, evaluasi diagnostik
dan tindakan pembelajarannya.
b. Bidang Bimbingan dan Konseling---untuk
Guru BK:
1) Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, misalnya
pro-gram bimbingan, manajemen bimbingan, jenis-jenis layanan bimbingan dan
konseling dengan berbagai strategi dan teknik serta medianya, kegiatan
pendukung.
2) Pengembangan dan pemanfaatan Sumber dan Media bimbingan
dan konseling, misalnya bahan bimbingan, pemanfaatan kotak masalah, pemanfaatan
papan bimbingan/konsultasi, pemanfaatan perpustakaan---tampilan pustaka.
3) Pelaksanaan Evaluasi proses dan hasil bimbingan dan
konseling, misalnya pengembangan instrumen evaluasi, pemanfataan alat ungkap
masalah, pemanfaatan jenis instrumen pemahaman individu.
B.
Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Kelas
/ BK)
1. Pengertian:
a. Penelitian Tindakan: sebuah proses investigasi
terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri, yang memiliki
tujuan melakukan perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, kompetensi,
atau situasi (Dewa Komang Tantra, 2005).
b. Suatu tindakan pengumpulan, mengolah,
menganalisis, menafsirkan, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari suatu tindakan
atau perbuatan
yang sengaja dirancang dan dilakukan salam rangka merumuskan metode
atau sistem yang lebih baik (Nana Sudjana, 2009: 7)
c. PT K/BK merupakan penelitian yang dilaksanakan oleh
guru/dosen di kelasnya sendiri melalui refleksi diri yang diikuti dengan
tindakan yang bertujuan memperbaiki kinerjanya---pembelajaran/layanan
BK, sehingga hasil pembelajaran /layanan
BK meningkat.
2. Pelaksanaan PT K/BK
diawali dengan kerisauan Guru---Mapel /Kelas/Praktek/BK/Dosen akan
kinerjanya---pembelajaran/ layan-an BK, ... kemudian melakukan refleksi diri
dan selanjutnya melakukan penelitian dengan tindakan memperbaiki kinerja---pembelajaran/layanan
BK menuju ke arah perbaikan hasil kinerja (sebagai indikator
keberhasilan).
3. Masalah
penelitian yang ingin dipecahkan adalah masalah nyata dalam
pembelajaran/bimbingan dan konseling yang merisaukan dan mampu diselesaikan
oleh Guru---Mapel/Kelas/Praktek/ BK/Dosen.
4. Tindakan yang
dilaksanakan adalah tindakan pembelajaran/ bimbingan dan
konseling---berbagai jenis pendekatan/model/ strategi/metode/teknik/media
pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling.
5. PT K/BK dilaksanakan
secara kolaboratif antara Guru/Dosen---Mapel/Makul, Praktek, Kelas, BK dengan
dosen atau peserta didik.
6. PTK/BK dilaksanakan
secara bersiklus---sampai dengan terca-painya indikator kinerja/keberhasilan
kinerja yang diren-canakan oleh Guru/Dosen.----Rangkaian kegiatan P-T-O&E-R.(Planning,Acting,Observing,Reflcting)
Rangkaian
kegiatan PTK/BK yang meliputi kegiatan Perencanaan,
Tindakan, Observasi & Evaluasi,
dan Refleksi dapat digambarkan dalam bentuk skhema berikut:
C. Tahapan Pelaksanaan
PTK/BK
1. Tahap Perencanaan Perbaikan: identifikasi
masalah, analisis dan perumusan masalah, dan penetapan Rencana Tindakan.
2. Tahap pelaksanaan Tindakan:
a. penyiapan pelaksanaan
(rencana dan skenario, fasilitas /sarana pendukung, cara merekam/ mencatat dan
mengana-lisis data proses perbaikan, … bilamana perlu dilakukan simulasi),
b. pelaksanaan tindakan (tidak
mengganggu pembelajaran, memperhatikan aturan dan etika tugas profesional Guru/
Dosen, mendapat dukungan masyarakat
sekolah).
3. Observasi,
Evaluasi
dan Interpretasi dilaksanakan bersama-an dengan pelaksanaan tindakan.
4. Reflleksi
diawali dengan kegiatan analisis data, yaitu menye-leksi dan mengelompokkan
data, memaparkan dan mendes-kripsikan data dalam bentuk narasi, tabel, dan/atau
grafik, serta menyimpulkan secara deklaratif. Berdasarkan hasil analisis data dilaksanakan refleksi dan
diikuti dengan perencanaan lanjutan dalam bentuk revisi dari rencana perbaikan
yang telah dilaksanakan.
5.
Kegiatan PTK/BK berakhir bilamana target
perbaikan pembelajaran/layanan BK yang berdampak pada peningkatan hasil
pembelajaran/layanan BK---sebagai indikator keberhasil-an yang diharapkan telah
tercapai.
Dengan demikian banyaknya siklus tergantung
pada capaian indikator keberhasilan
kinerja/target hasil pembelajaran/layanan BK yang direncanakan.
6. Laporan disusun dan disebar luaskan
dalam konteks tilik sejawat agar Guru/Dosen yang lain dapat menelaah/meman-faatkan
laporan hasil penelitian tersebut.
D.
Proposal PTK/BK
Komponen Proposal
PTK/BK
1. Judul
Penelitian: jelas (a) masalah/apa yang akan diperbaiki?
(variabel in put), (b) tindakan apa untuk memperbaiki? (vari-abel proses), (c) tingkatan hasil
yang diharapkan? (variabel out put), (d) siapa/subyek yang
dikenai perbaikan, (e) kapan/waktu
dan dimana/tempat dilaksanakannya penelitian?.
2. Bidang/Obyek
Kajian: pendekatan, model,
strategi, metode, teknik, atau media pembelajaran atau layanan BK, kegiatan pendukung, evaluasi pembelajaran/bimbingan dan konseling.
3. Bab I:
Pendahuluan:
a. Latar
Belakang, berisi (1) kondisi ideal yang mesti-nya ada, (2) fokus
masalah
riil dengan ditunjukkan bukti-bukti permasalahan yang diajukan, (3) uraian
dampak
masalah jika tidak diatasi, (4) analisis penyebab masalah dan (5) alternatif tindakan yang sesuai
dengan permasalahan.
b. Perumusan
dan cara pemecahan masalah, berisi
(1) pertanyaan penelitian, dan (2) alternatif tindakan yang direncanakan
disertai dengan argumentasinya.
c. Tujuan
Penelitian, (1) runtut dengan
rumusan masa-lah dan (2) jelas untuk mengatasi masalah dengan melalui perbaikan
kinerja.
d. Manfaat
Penelitian, (1) manfaat teoritis,
dan (2) manfaat praktis---bagi peserta didik, guru, dosen dan/atau sekolah/satuan
pendidikan.
4.
Bab II: Kerangka Teoritik dan Hipotesis Tindakan:
a. Kajian
Pustaka: berisi (1) kajian
teori, konsep, dan (2) hasil penelitian yang relevan dari variabel-variabel utama dari sumber-sumber yang relevan.
b. Kerangka
Pemikiran: Sajian kerangka pemikiran
dalam bentuk deskripsi maupun skema/bagan/gambar, disertai penjelasan yang
runtut dan logis antara variabel masalah, variabel tindakan untuk menjawab
pertanyaan penelitian/masalah secara konseptual.
c. Hipotesis
tindakan/kinerja: menunjukkan jawaban
konseptual terhadap pertanyaan penelitian/masalah berdasarkan kajian
teori, konsep, dan hasil penelitian.
5. Bab III: Metode atau
Metodologi Penelitian
a. Perencanaan Umum:
(1)
Penentuan Subyek dan Setting (tempat/lokasi) Penelitian
yang jelas.
(2)
Variabel Penelitian: uraian tentang (a) variabel
in put, (b) variabel proses, dan (c) variabel out put.
(3)
Rencana tindakan: uraian mengenai tindakan yang akan dilaksanakan untuk
mengubah kondisi atau perilaku,
(4)
Data dan Cara pengumpulan data: menguraikan dengan
jelas (a) jenis data yang akan dikumpul-kan,
(b) teknik pengumpulan data yang sesuai, (c) uji validitas data, dan (d) teknik analisis data.
b. Pelaksanaan tindakan mencakup penjelasan:
(1)
Langkah-langkah/prosedur penelitian yaitu 4 langkah PTK/BK (perencanaan, skenario pelaksa-naan tindakan,
observasi & evaluasi, dan refleksi),
(2) Skhema siklus tindakan yang
akan dilaksanakan.
c.
Indikator
Kinerja: memaparkan tolok ukur keberha-silan
tindakan yang akan dilaksanakan sebagai dasar penilaian keberhasilan perbaikan
tindakan pembelajar-an/layanan bimbingan dan konseling.
6.
Jadwal Penelitian:
perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan penelitian.
7. Biaya Penelitian: rincian biaya penelitian yang direncanakan.
8. Personalia: identitas dan peranan setiap angota penelitian.
9. Daftar Pustaka.
10. Lampiran: Curicullum Vitae anggota penelitian, instrumen penelitian, dan surat-surat yang
diperlukan.
E.
Laporan Penelitian Tindakan
Sebagai bentuk karangan ilmiah, laporan penelitian tindakan
(Kelas/BK) mengacu pada panduan penyusunan karangan ilmiah, baik mengenai
sistematika maupun tata tulisnya.
- Sistematika
Laporan Penelitian Tindakan (Kelas/BK).
a. Bagian
awal, memuat beberapa halaman
, yaitu (1) Cover/ Judul, (2) Persetujuan dan pernyataan dari Kepala Sekolah
tentang keaslian tulisan dari penulis, (3) Pernyataan dari Perpustakaan bahwa
makalah/hasil penelitian tersebut telah disimpan di perpustakaan, (4)
Pernyataan keaslian tulisan yang dibuat dan vitanda tangani penulis, (5) Kata
Pengantar, (6) Daftar Isi, (7) Daftar Tabel, (8) Daftar Gambar, (9) Daftar Lampiran, dan
(10) Abstrak atau Ringkasan.
b. Bagian
Tengah, memuat bagian inti laporan
penelitian yang terdiri atas beberapa bab, yaitu:
BAB I:
PENDAHULUAN, berisi uraian sama dengan BAB I PROPOSAL PTK/BK
BAB II:
KERANGKA TEORITIK DAN HIPOTESIS TINDAK-AN, berisi uraian sama dengan isi uraian
pada BAB II PROPOSAL PTK/BK atau diperluas sesuai Koper-luan, terutama pada
Kajian Pustaka.
BAB III:
METODE PENELITIAN ATAU METODOLOGI PENELITIAN, berisi (A) Uraian singkat tentang jenis penelitian yang dilaksanakan beserta
argumentasi digunakannya jenis penelitian tindakan, dan (B) Prosedur Penelitian: prosedur diagnosis masalah, pelaksanaan tindakan
yang direncanakan, prosedur observasi
& evaluasi---(uraian tentang instrumen pengumpulan data, jenis,
penyusunan, dan penggu-naannya), prosedur refleksi.
BAB IV:
PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN (KELAS/BK), berisi (A) uraian yang menggambarkan pelaksanaan penelitian tindakan setiap siklus (persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi
& evaluasi, dan refleksi), dan (B)
Pembahasan , yaitu pendapat peneliti
tentang plus-minus atau kelebihan-kekurangan tindakan yang telah dilaksanakan,
serta kemungkinan untuk diterap-kan kembali untuk memperoleh hasil
pembelajaran/ layanan bimbingan dan konseling yang maksimal.
BAB V:
KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN, berisi uraian tentang (A) Kesimpulan hasil penelitian, (B) Implikasi dalam praktek pembelajaran/bimbingan, dan konseling,
dan (C) Saran.
DAFTAR PUSTAKA
c. Bagian
Akhir: berisi
lampiran-lampiran.
2. Tata Tulis Laporan
Penelitian Tindakan (Kelas/BK)
Tata tulis laporan PTK/BK mengikuti aturan
tata tulis ilmiah, diantaranya mengenai sistematika, sistem penulisan dan
pengetikan, jenis dan besar huruf yang digunakan, dsb.
CATATAN:
Perhatikan keruntutan antar bagian, yaitu keruntutan yang
logis antar bagian, terutama judul penelitian, rumusan masalah, tujuan
penelitian dan hipotesis tindakan (untuk Proposal); dan selanjutnya dengan
kesimpulan hasil penelitian (untuk laporan lengkap penelitian).
LATIHAN:
1.Merumuskan
Judul PTK/BK:---bersama-sama
- Masalah/Apa yang akan ditingkatkan/diubah: …………?
- Tindakan apa yang akan dilaksanakan: ………..?
- Siapa peserta didik/subyek yang akan dikenai tindakan:…..?
- Dimana tempat dan waktu pelaksanaan penelitian: …….?
2. Menyusun BAB I: PENDAHULUAN-
a. Latar belakang masalah: kondisi ideal, kondisi riil,
dampak jika tidak dilakukan tindakan, analisis
faktor penyebab, dan rencana tindakan.
b. Rumusan masalah, dalam bentuk kalimat tanya.
c. Tujuan penelitian
d. Manfaat Penelitian: teoritis dan praktis.
3. Merancang BAB II: KAJIAN PUSTYAKA--
Teori, konsep, dan hasil penelitian yang
terdahulu tentang variabel penelitian, hipótesis tindakan.
4. MERANCANG METODE / METODOLOGI PENELITIAN-
a. Perencanaan
umum: Subyek dan setting, Variabel Penelitian, Ren-cana tindakan, Data
dan Cara pengumpulan data, Teknik pengumpulan data yang sesuai, uji validitas
data, dan teknik analisis data.
b. Pelaksanaan
tindakan: Prosedur penelitian yang
4 langkah PTK/BK, dan Siklus tindakan yang akan dilaksanakan.
c. Indikator
Tindakan: memaparkan tolok ukur
keberhasilan tindakan.
1 komentar:
terima kasih telah berbagi, menjadi ilmu manfaat
Posting Komentar