like FB

Minggu, 26 April 2015

Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling


Ditulis Oleh ; Wahid Suharmawan

A.   Pendahuluan
1.    PTK merupakan salah satu jenis PPKP., yaitu penelitian yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Satuan Pendidikan dalam rangka upaya meningkatkan mutu lulusan/luaran.

2.    PPKP terdiri atas Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian  Eksperimen Kuasi, dan Penelitian Pengembangan.

3.   Bidang Kajian P.P.K.P.:
a. Bidang Pembelajaran----untuk Guru/Dosen:
1)  Pelaksanan pembelajaran, a.l. pengelolaan kelas, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, pengajaran remedial, PAIKEM.
2)    Penggunaan Bahan Ajar dan Alat Bantu Pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar, misalnya modul, penggunaan petunjuk mempelajari buku paket, computer assisted learning, penggunaan media pembelajaran, penggunaan alat peraga, dll.
3)  Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran, misalnya perpustakaan---baik cetak maupun elektronik, internet, dan sumber lain, misalnya nara sumber,dosen tamu, lingkungan.
4) Pelaksanaan Evaluasi Proses dan Hasil Belajar, misalnya evaluasi otentik/kinerja, penilaian portofolio, evaluasi diagnostik dan tindakan pembelajarannya.




            b. Bidang Bimbingan dan Konseling---untuk Guru BK:
     1) Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, misalnya pro-gram bimbingan, manajemen bimbingan, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling dengan berbagai strategi dan teknik serta medianya, kegiatan pendukung.
2)    Pengembangan dan pemanfaatan Sumber dan Media bimbingan dan konseling, misalnya bahan bimbingan, pemanfaatan kotak masalah, pemanfaatan papan bimbingan/konsultasi, pemanfaatan perpustakaan---tampilan pustaka.
3)    Pelaksanaan Evaluasi proses dan hasil bimbingan dan konseling, misalnya pengembangan instrumen evaluasi, pemanfataan alat ungkap masalah, pemanfaatan jenis instrumen pemahaman individu.



B.   Konsep Dasar Penelitian Tindakan   (Kelas / BK)
1.    Pengertian:
a. Penelitian Tindakan: sebuah proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri, yang memiliki tujuan melakukan perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, kompetensi, atau situasi (Dewa Komang Tantra, 2005).
    b. Suatu tindakan pengumpulan, mengolah, menganalisis, menafsirkan, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari suatu tindakan atau perbuatan yang sengaja dirancang dan dilakukan salam rangka merumuskan metode atau sistem yang lebih baik (Nana Sudjana, 2009: 7)
c. PT K/BK merupakan penelitian yang dilaksanakan oleh guru/dosen di kelasnya sendiri melalui refleksi diri yang diikuti dengan tindakan yang bertujuan memperbaiki kinerjanya---pembelajaran/layanan BK, sehingga hasil pembelajaran /layanan BK meningkat.

2. Pelaksanaan PT K/BK diawali dengan kerisauan Guru---Mapel /Kelas/Praktek/BK/Dosen akan kinerjanya---pembelajaran/ layan-an BK, ... kemudian melakukan refleksi diri dan selanjutnya melakukan penelitian dengan tindakan memperbaiki kinerja---pembelajaran/layanan BK menuju ke arah perbaikan hasil kinerja (sebagai indikator keberhasilan).
3. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah masalah nyata dalam pembelajaran/bimbingan dan konseling yang merisaukan dan mampu diselesaikan oleh Guru---Mapel/Kelas/Praktek/ BK/Dosen.
4. Tindakan yang dilaksanakan adalah tindakan pembelajaran/ bimbingan dan konseling---berbagai jenis pendekatan/model/ strategi/metode/teknik/media pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling.
5. PT K/BK dilaksanakan secara kolaboratif antara Guru/Dosen---Mapel/Makul, Praktek, Kelas, BK dengan dosen atau peserta didik.
6. PTK/BK dilaksanakan secara bersiklus---sampai dengan terca-painya indikator kinerja/keberhasilan kinerja yang diren-canakan oleh Guru/Dosen.----Rangkaian kegiatan P-T-O&E-R.(Planning,Acting,Observing,Reflcting)

Rangkaian kegiatan PTK/BK yang meliputi kegiatan Perencanaan, Tindakan, Observasi & Evaluasi, dan Refleksi dapat digambarkan dalam bentuk skhema berikut:




C.  Tahapan Pelaksanaan PTK/BK
1. Tahap Perencanaan Perbaikan: identifikasi masalah, analisis dan perumusan masalah, dan penetapan Rencana Tindakan.
2.    Tahap pelaksanaan Tindakan:
a.    penyiapan pelaksanaan (rencana dan skenario, fasilitas /sarana pendukung, cara merekam/ mencatat dan mengana-lisis data proses perbaikan, … bilamana perlu dilakukan simulasi),
b.    pelaksanaan tindakan (tidak mengganggu pembelajaran, memperhatikan aturan dan etika tugas profesional Guru/ Dosen, mendapat dukungan  masyarakat sekolah).

3.    Observasi,  Evaluasi dan Interpretasi dilaksanakan bersama-an dengan pelaksanaan tindakan.

4.    Reflleksi diawali dengan kegiatan analisis data, yaitu menye-leksi dan mengelompokkan data, memaparkan dan mendes-kripsikan data dalam bentuk narasi, tabel, dan/atau grafik, serta menyimpulkan secara deklaratif.  Berdasarkan hasil analisis data dilaksanakan refleksi dan diikuti dengan perencanaan lanjutan dalam bentuk revisi dari rencana perbaikan yang telah dilaksanakan.

5.  Kegiatan PTK/BK berakhir bilamana target perbaikan pembelajaran/layanan BK yang berdampak pada peningkatan hasil pembelajaran/layanan BK---sebagai indikator keberhasil-an yang diharapkan telah tercapai. Dengan demikian banyaknya siklus tergantung pada capaian indikator keberhasilan kinerja/target hasil pembelajaran/layanan BK yang direncanakan.

6. Laporan disusun dan disebar luaskan dalam konteks tilik sejawat agar Guru/Dosen yang lain dapat menelaah/meman-faatkan laporan hasil penelitian tersebut.

D. Proposal PTK/BK
Komponen Proposal PTK/BK
1.    Judul Penelitian: jelas (a) masalah/apa yang akan diperbaiki? (variabel in put), (b)  tindakan apa untuk memperbaiki? (vari-abel proses), (c) tingkatan hasil yang diharapkan? (variabel  out put), (d) siapa/subyek yang dikenai perbaikan, (e)  kapan/waktu dan dimana/tempat dilaksanakannya penelitian?.

2.    Bidang/Obyek Kajian: pendekatan, model, strategi, metode, teknik, atau media pembelajaran atau layanan BK, kegiatan pendukung,  evaluasi pembelajaran/bimbingan dan konseling.

3.    Bab I: Pendahuluan:
a.    Latar Belakang, berisi (1) kondisi ideal yang mesti-nya ada, (2) fokus masalah riil dengan ditunjukkan bukti-bukti permasalahan yang diajukan, (3) uraian dampak masalah jika tidak diatasi, (4) analisis penyebab masalah  dan (5) alternatif tindakan yang sesuai dengan permasalahan.
b.    Perumusan dan cara pemecahan masalah, berisi (1) pertanyaan penelitian, dan (2) alternatif tindakan yang direncanakan disertai dengan argumentasinya.
c.    Tujuan Penelitian, (1) runtut dengan rumusan masa-lah dan (2) jelas untuk mengatasi masalah dengan melalui perbaikan kinerja.
d.    Manfaat Penelitian, (1) manfaat teoritis, dan (2) manfaat praktis---bagi peserta didik, guru, dosen dan/atau sekolah/satuan pendidikan.

4.    Bab II: Kerangka Teoritik dan Hipotesis Tindakan:
a.    Kajian Pustaka: berisi (1) kajian teori, konsep, dan (2) hasil penelitian yang relevan dari variabel-variabel utama dari sumber-sumber yang relevan.
b.    Kerangka Pemikiran: Sajian kerangka pemikiran dalam bentuk deskripsi maupun skema/bagan/gambar, disertai penjelasan yang runtut dan logis antara variabel masalah, variabel tindakan untuk menjawab pertanyaan penelitian/masalah secara konseptual.
c.    Hipotesis tindakan/kinerja: menunjukkan jawaban konseptual terhadap pertanyaan penelitian/masalah berdasarkan kajian teori, konsep, dan hasil penelitian.

5.    Bab III: Metode atau Metodologi Penelitian
a.    Perencanaan Umum:
(1)       Penentuan Subyek dan Setting (tempat/lokasi) Penelitian yang jelas.
(2)       Variabel Penelitian: uraian tentang (a) variabel in put, (b) variabel proses, dan (c) variabel out put.
(3)       Rencana tindakan: uraian mengenai  tindakan yang akan dilaksanakan untuk mengubah  kondisi  atau perilaku, 
(4)       Data dan Cara pengumpulan data: menguraikan dengan jelas (a) jenis data yang akan  dikumpul-kan, (b) teknik pengumpulan data yang sesuai, (c) uji validitas data, dan (d)  teknik analisis data.

b. Pelaksanaan tindakan mencakup penjelasan:
    (1) Langkah-langkah/prosedur penelitian yaitu 4 langkah PTK/BK  (perencanaan, skenario pelaksa-naan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi), 
     (2)  Skhema siklus tindakan yang akan dilaksanakan.

c.    Indikator Kinerja: memaparkan tolok ukur keberha-silan tindakan yang akan dilaksanakan sebagai dasar penilaian keberhasilan perbaikan tindakan pembelajar-an/layanan bimbingan dan konseling.

     6.  Jadwal Penelitian: perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan penelitian.
     7. Biaya Penelitian: rincian biaya penelitian yang direncanakan.
     8. Personalia: identitas dan peranan setiap angota penelitian.
9. Daftar Pustaka.
10. Lampiran: Curicullum Vitae anggota penelitian, instrumen      penelitian, dan surat-surat yang diperlukan.

E. Laporan Penelitian Tindakan
Sebagai bentuk karangan ilmiah, laporan penelitian tindakan (Kelas/BK) mengacu pada panduan penyusunan karangan ilmiah, baik mengenai sistematika maupun tata tulisnya.
  1. Sistematika Laporan Penelitian Tindakan (Kelas/BK).
a.    Bagian awal, memuat beberapa halaman , yaitu (1) Cover/ Judul, (2) Persetujuan dan pernyataan dari Kepala Sekolah tentang keaslian tulisan dari penulis, (3) Pernyataan dari Perpustakaan bahwa makalah/hasil penelitian tersebut telah disimpan di perpustakaan, (4) Pernyataan keaslian tulisan yang dibuat dan vitanda tangani penulis, (5) Kata Pengantar, (6) Daftar Isi, (7) Daftar Tabel,  (8) Daftar Gambar, (9) Daftar Lampiran, dan (10) Abstrak atau Ringkasan.

b.    Bagian Tengah, memuat bagian inti laporan penelitian yang terdiri atas beberapa bab, yaitu:

BAB I: PENDAHULUAN, berisi uraian sama dengan BAB I PROPOSAL PTK/BK

BAB II: KERANGKA TEORITIK DAN HIPOTESIS TINDAK-AN, berisi uraian sama dengan isi uraian pada BAB II PROPOSAL PTK/BK atau diperluas sesuai Koper-luan, terutama pada Kajian Pustaka.

BAB III: METODE PENELITIAN ATAU METODOLOGI PENELITIAN, berisi (A) Uraian singkat tentang jenis penelitian yang dilaksanakan beserta argumentasi digunakannya jenis penelitian tindakan, dan (B) Prosedur Penelitian: prosedur diagnosis masalah, pelaksanaan tindakan yang direncanakan, prosedur observasi & evaluasi---(uraian tentang instrumen pengumpulan data, jenis, penyusunan, dan penggu-naannya), prosedur refleksi.

BAB IV: PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN (KELAS/BK), berisi (A) uraian  yang menggambarkan pelaksanaan penelitian tindakan setiap siklus (persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi), dan (B) Pembahasan , yaitu pendapat peneliti tentang plus-minus atau kelebihan-kekurangan tindakan yang telah dilaksanakan, serta kemungkinan untuk diterap-kan kembali untuk memperoleh hasil pembelajaran/ layanan bimbingan dan konseling yang maksimal.   

BAB V: KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN, berisi uraian tentang (A) Kesimpulan hasil penelitian, (B) Implikasi dalam praktek pembelajaran/bimbingan, dan konseling, dan (C) Saran.

DAFTAR PUSTAKA

c.    Bagian Akhir: berisi lampiran-lampiran.

2. Tata Tulis Laporan   Penelitian Tindakan (Kelas/BK)
      Tata tulis laporan PTK/BK mengikuti aturan tata tulis ilmiah, diantaranya mengenai sistematika, sistem penulisan dan pengetikan, jenis dan besar huruf yang digunakan, dsb.

CATATAN:
Perhatikan keruntutan antar bagian, yaitu keruntutan yang logis antar bagian, terutama judul penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis tindakan (untuk Proposal); dan selanjutnya dengan kesimpulan hasil penelitian (untuk laporan lengkap penelitian).

LATIHAN:
1.Merumuskan Judul PTK/BK:---bersama-sama
a.                                                        Masalah/Apa yang akan ditingkatkan/diubah: …………?
b.                                                        Tindakan apa yang akan dilaksanakan: ………..?
c.                                                        Siapa peserta didik/subyek yang akan dikenai tindakan:…..?
d.                                                        Dimana tempat dan waktu pelaksanaan penelitian: …….?

     2. Menyusun BAB I: PENDAHULUAN-
a.    Latar belakang masalah: kondisi ideal, kondisi riil, dampak  jika tidak dilakukan tindakan, analisis faktor penyebab, dan rencana tindakan.
b.    Rumusan masalah, dalam bentuk kalimat tanya.
c.    Tujuan penelitian
d.    Manfaat Penelitian: teoritis dan praktis.

3. Merancang BAB II: KAJIAN PUSTYAKA--
 Teori, konsep, dan hasil penelitian yang terdahulu tentang variabel penelitian, hipótesis tindakan.

4. MERANCANG METODE / METODOLOGI PENELITIAN-
a.    Perencanaan umum:  Subyek dan setting,   Variabel Penelitian, Ren-cana tindakan, Data dan Cara pengumpulan data, Teknik pengumpulan data yang sesuai, uji validitas data, dan  teknik analisis data.
b.    Pelaksanaan tindakan: Prosedur penelitian yang 4 langkah PTK/BK, dan Siklus tindakan yang akan dilaksanakan.
c.    Indikator Tindakan: memaparkan tolok ukur keberhasilan tindakan.



0 komentar:

Posting Komentar